Minggu, 30 November 2008

" KEBEBASAN Vs KEPASRAHAN "

Berapa tahun silam,saya sangat mencintai hobby memelihara ikan di aquarium. sedikit2 saya belajar tentang kehidupan segala jenis ikan lewat buku2 dan saya belajar langsung di departement perikanan di ciganjur.kebetulan letaknya tidak jauh dari rumah saya.
Dari ikan koi,maskoki,dll termasuk budidaya lobster air tawar. dari semua jenis ikan tersebut ada satu ikan yang menjadi idola saya sampai sekarang. "ARWANA SUPER RED".
hari demi hari saya nekat nabung uang supaya bisa bikin aquarium yang indah dan membeli anakan ikan yang "maharani" i2 boooo..........
singkat cerita aquarium yang indah banget sudah saya buat sendiri,dibantu teman saya yang ahli dalam pembuatan aquarium di barito jaman i2.
dengan beckground gambar kehidupan bawah air,alas kaca aquariumnya saya cat merah darah,lampu neon biru laut,filter air yang ganda,dll. semua saya buat seindah mungkin untuk ikan i2 hidup nyaman dalam piaraan saya.
saat i2 saya masih membuka wartel yang juga saya bikin dengan indah,supaya pelanggannya juga betah telp2nan.heee..hee.hee.(trick marketing juga neh!!!)
waktu i2 yang namanya wartel belum banyak seperti sekarang,selain ngurus izinnya susah,biaya pembuatannya mahal bangettttt!!. wahh...saya lupa euy.... waktu i2 pertama keluar hand phone nokia 5110 yang iklannya presiden bill clinton,celananya digulung sambil berendam kakinya di kolam. tapi jaman i2 SMS belum bisa boooo....
dari hasil warte,saya sisihkan sedikit2 untuk bisa beli ikan arwana super red walaupun anakan.
terkumpul sudah uang Rp.2.500.000.- kemudian saya pesan dengan teman2 saya yang rata2 jualan ikan hias di barito.dapatlah harga penjual waktu i2 Rp.2.300.000.- + surat sertifikat kepemilikan anak ikan arwana super red berikut chip number yang sama dengan micro chip yang ditanamkan di tubuh ikan tersebut,waktu i2 panjang ikannya cuma +/- 10cm.
hari bertambah hari,semakin saya merasa sayang banget dengan ikan yang amat indah i2,apalagi wartel saya makin ramai dengan adanya pemandangan yang indah dari aura aquarium dan isinya.
setiap hari kebersihan aquarium saya jaga,diberi vitamin,kelabang kelapa yang besar2,dll.
saya mau ikan i2 tumbuh sehat dan tidak ada cacat sampai dia besar nanti.
saya sadar betul kharisma ikan ini sangat2 kuat,siapa yang melihat pasti akan jatuh cinta,bahkan yang menawar untuk bisa MEMILIKI ikan tersebut jumlahnya banyak,ada yang nawar pakai nomanal jutaan sampai2 ada yang berani tukar motor baru saat i2.
tapi MAAF2 saya tidak tergiur tawaran2 yang cukup menggoda iman juga sebenarnya!!
sementara semakin bertambah bulan ikan i2 menjadi tambah besar dan indah,saat malam setelah closing wartel, tidak ada bosan2nya saya memandangi liuk2 tubuhnya yang mirip seekor naga merah yang indah sekali. mungkin kalau bisa ikan ini bicara bahasa manusia,dia pasti akan teriak karena dia tau semua orang tertarik ingin memiliki tapi hidupnya hanya sebatas aquarium yang cuma 2.5m saja!!.
mungkin juga ikan ini sadar memiliki potensi dan daya jual yang tinggi,tapi dia hanya bisa PASRAH dan BERHARAP suatu hari nanti MAJIKANNYA bisa membuatkan aquarium yang 10x lipat besarnya,karena makin hari ikan i2 akan bertambah besar dan panjang,dia juga lebih membutuhkan makanan yang mungkin 5x lebih nanyak ketimbang sekarang.
sebagai MAJIKAN saya makin hari makin giat mencari uang tambahan untuk dapat membahagiakan sang ikan tersebut,saya tidak mau ikan tersebut menderita,kurus,kemudian sakit2an,akhirnya KEMATIAN!!!! walaupun kadang2 saya lebih terima makan mie ayam pinggir jalan yang harganya 5000,supaya irit dan dapat membeli kelabang kelapa yang 1 ekor harganya Rp.2500.- padahal satukali makan ikan i2 bisa 5/7 ekor,bayangin dehhh..... pengorbanan saya demi ikan arwana tersebut.
sampai suatu saat badan ikan tersebut makin susah untuk mengitari aquarium i2,saya bisa liat dari matanya ada garis penderitaan yang dia tahan2 setiap kali dia meliukkan tubuhnya.
sampai tibalah saya memesan aquarium yang baru,dimana teman saya bilang pembuatannya mungkin sekitar satu minggu.
saya ingat hari i2 hari ke 6,tinggal tunggu besok pagi barang pesanan saya diantar.
malam itu wartel saya tutup jam 23.00. diluar hujan turun deras sekali,ditambah dentuman2 petir yang ga kira2 kencangnya.
demi menyelamatkan asset2 wartel maka saya putuskan untuk tutup,dan mematikan semua perangkat komputer dll.
tinggalah aquarium yang menyala dengan sang ikan yang mungkin meringis kesakitan kalau belok badannya. saya menghitung penghasilan hari i2,sekalian print laporan hariannya.
setelah selesai saya tidur dikamar atas,maklum saya menyewa ruko saat itu,jadi dibawah wartelnya.
hujan makin deras,petir makin sering,serasa semua orang dipaksa untuk masuk selimut dan suara2 petir i2 seperti dawai yang menghipnotis kita untuk tidur pulassss!!!!
"I HATE THIS PART!!!!!!!!!!"
mungkin karena petir yang kencang,ikan itu kaget,dia melompat setinggi-tingginya,sampai2 tutup aquarium yang saya buat dari ukiran kayu jawa,tergeser dan terbuka lebar.
ga mungkin dia sekali loncat langsung keluar aquarium,pasti ada petir2 jahanam susulan yang bikin dia kaget,dan coba melompat lagi untuk melepaskan segala penderitaan yang dia tahan hari demi hari,sampai habis kesabaranya malam i2,dia bisa melepaskan diri dari belenggu MAJIKANNYA yang ga cepat tanggap dengan apa yang dia amat2 butuhkan untuk kehidupannya.
sampai disaat bangun pagi,karyawan saya buka wartel(dia pegang kunci sendiri), kemudian dia teriak sekencang2nya,yang dia lihat sekarang cuma ratusan semut yang menggragoti bangkai ikan seharga motor baru.
dengan besar hati walau kecewa,saya terima ini semua sebagai proses pembelajaran diri dari satu kesalahan yang saya buat sendiri.
NOTE : mohon maaf pada semua temen2 saya yang sampai sekarang masih di departemen perikanan ciganjur,maaf saya teledor atas kejadian i2.
NOTE: terimakasih pak haji urip,yang selalu menyisakan kelabang untuk almarhum ikan saya.
NOTE: terimakasih juga buat "R.I.P" ikan saya,semoga engkau diterima di "FISH HAVEN". AMIEN....

4 komentar:

Shanty Mahanani mengatakan...

Milih bebas atau pasrah? Apa korelasi dari pengalaman majikan?

Shanty Mahanani mengatakan...

Salam dari BLOG CANTIK!

The-Tao-of-Marcell mengatakan...

Patin, patin, patiiiiiiinn ;)

santi_ceng mengatakan...

Segala sesuatu memang tidak ada yang benar-benar dapat dimiliki...
Beruntung sang ikan pernah menjadi bagian yang kamu miliki, dan sang ikan juga beruntung karena pernah memiliki seorang majikan sepertimu.... Kalau kamu sudah sadar akan ketidakkekalan hidup, maka kamu bisa melepas kepergian sang ikan dengan iklas, tidak ada lagi kemelakatan... tidak ada lagi penderitaan...

Semoga semua makhluk berbahagia
SANTI